Rancang Bangun dan Kinerja Irigasi Sprinkler Hand Move Pada Lahan Kering

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fajar Fajar
Totok Prawitosari
Ahmad Munir

Abstract

Irigasi adalah pemberian air pada tanaman untuk memenuhi kebutuhan air bagi pertumbuhannya. Lahan kering umumnya berproduksi pada musim hujan dan sangat sulit untuk berproduksi pada musim kemarau, hal ini di karenakan lahan tersebut sangat tergantung pada curah hujan sebagai sumber air bagi tanaman. Teknologi irigasi yang efektif pada lahan kering adalah teknologi irigasi yang dapat mengefisienkan atau menghemat air yakni sistem irigasi sprinkler atau curah. Teknologi irigasi sprinkler atau curah dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air irigasi dan keseragaman irigasi yang diberikan lebih dari 85% dengan sistem yang terpenuhi seperti tekanan, kecepatan angin dan jarak antar sprinkler. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang irigasi sprinkler hand move dan melakukan analisis kinerja sistem irigasi tersebut berdasarkan pengunaan efisiensi sprinkler pada lahan kering. Penelitian ini merancang sebuah alat irigasi sprinkler evaluasi kinerja alat dengan 3 parameter waktu yakni pagi, siang dan sore hari. Hasil nilai koefisien keseragaman (CU) 44,02 – 46,87% maka dapat diartikan bahwa penyiraman menggunakan sprinkler memiliki keseragaman penyiraman yang kurang baik karena lebih rendah dari 85%, dan begitu pula dengan nilai distribusi keseragaman (DU) yang kurang baik yang berkisar antara 10,99 - 15,54% memiliki distribusi keseragaman penyiraman yang kurang baik karena lebih rendah dari 25%. Berdasarkan dari hasil nilai koefisien keseragaman (CU) dan nilai distribution uniformit (DU) maka dapat disimpulkan bahwa perancangan kurang efektif dan kurang baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fajar, F., Prawitosari, T., & Munir, A. (2019). Rancang Bangun dan Kinerja Irigasi Sprinkler Hand Move Pada Lahan Kering. Jurnal Agritechno, 12(1), 17–27. https://doi.org/10.20956/at.v12i1.183

References

  1. Khairiah N. I, 2014 Evaluasi Kinerja Penggunaan Air Irigasi Sprinkler Studi Kasus Di Kabupaten Enrekang. Universitas Hasanuddin Makassar.
  2. Prijono, Sugeng. 2013. Sejarah, Fungsi dan Perundangan Irigasi. http://docplayer.info/54313796-I-sejarah-fungsi-dan-perundangan-irigasi.html. Diakses pada Sabtu, 09 September 2017, pukul 14.57 WITA.
  3. Tusi A., Lanya Budianto. 2014. Rancangan Irigasi Sprinkler Portable Tanaman Pakchoy. Lampung Universitas Lampung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>