Mempelajari Penerapan Sistem Fuzzy Pada Alat Pemupuk Granula

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Amaliya Fahdrianty
Abdul Waris
Muhammad Tahir Sapsal

Abstract

Peningkatan produksi jagung dapat dilakukan dengan program intensifikasi berupa pemupukan yang efektif dan efisien. Pemupukan yang efektif dan efisien sangat penting bagi hara tanaman untuk peningkatan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja alat pemupuk dengan menggunakan sistem kendali fuzzy logic. Metode yang digunakan perancangan software, uji fungsional, uji kinerja alat dengan beban. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan system kendali fuzzy logic dapat bekerja dengan baik dimana sett point (SP) tercapai, tidak terjadi overshoot dan error steady state, serta setlling time pendek yaitu ± 5 detik. Pada pengujian menggunakan pupuk hasil yang didapatkan sesuai dengan putaran kecepatan motor (RPS) dimana dapat dilihat pada uji RPS=10 (SP=10) yaitu 11.99 g/s, SP=30 yaitu 30.64 g/s ,SP=50 yaitu 50.70 g/s ,SP=60 yaitu 62.12 g/s ,dan SP= 80 yaitu 80.14 g/s. Pada RPS=10 (SP=10) hasil tersebut cocok untuk tanaman jagung pada umur 28 hari setelah tanam dimana kecepatan yang diinginkan sudah bekerja dengan baik, yang ditandai dengan keadaan stabil dengan steady state error tidak melebihi 5% dan semua bahan keluar dari alat dan tidak ada yang tercecer.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fahdrianty, N. A., Waris, A., & Sapsal, M. T. (2019). Mempelajari Penerapan Sistem Fuzzy Pada Alat Pemupuk Granula. Jurnal Agritechno, 12(1), 28–35. https://doi.org/10.20956/at.v12i1.184

References

  1. Agustami Sitorus. 2015. Pengembangan Mesin Penanam dan Pemupuk Jagung Terintregrasi dengan Pengolahan Tanah Alur. Program studi Teknik Mesin dan Pangan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
  2. Hidayat. Hakim Kurniawan dan Sudiarso. 2018. Pengaruh Pupuk paitan (Tithonia Diversifiolia) dan NPK Anorganik Pada Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Sacarhata Smith). Jurusan Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Jawa Timur. Indonesia.
  3. Jamshidi, M. (1996). Large- scale system s:Modeling, Control, and Fuzzy logic. USA: Prentice-Hall.
  4. Syafriandi. Andiani Lubis. 2015. Rancang Bangun Dan Pengujian Alat Penjatah (Metering Device) Tipe Edge Cell Untuk Penyaluran Pupuk Butiran Urea, TSP dan KCl. Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.
  5. Widyono Hadi.2014. Kontrol Kecepatan Motor DC Berbasis Logika Fuzzy (DC Motor Speed Control Based on Fuzzy Logic). Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jember.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>