Rancang Bangun Sistem Kendali Kecepatan Putaran Motor Dc Berbasis Logika Fuzzy Untuk Mesin Pengaduk Hasil Pertanian (Studi Kasus Pengadukan Biji Kedelai)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reni Pratiwi
Abdul Waris
Salengke Salengke

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan kontrol kecepatan putaran motor dc dengan kinerja yang baik untuk mesin pengaduk milik UKM Arbi. Metode penelitian ini yaitu metode rancang bangun yang terdiri identifikasi masalah, studi literatur, perancangan sistem hardware dan software, serta pengujian dengan menggunakan biji kedelai sebagai beban. Perlakuan pengujian dilakukan dengan menetapkan setting point pada kecepatan 130 rpm, 190 rpm, dan 252 rpm pada beban 2.23 Nm dan 3.73 Nm. Hasil pengujian tanpa kontrol menunjukkan kecepatan motor tidak mampu mencapai nilai setting point pada ketiga kecepatan tersebut. Hasil pengujian dengan menggunakan kontrol logika fuzzy menghasilkan kecepatan motor yang mampu mencapai nilai setting point, kecepatan putaran yang naik secara bertahap (soft-starting), tidak terjadi overshoot atau tidak terjadinya lonjakan arus, tidak memiliki offset, dan mampu menghasilkan kinerja sistem kontrol yang stabil.

Abstract viewed = 963 times
PDF downloaded = 993 times

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratiwi, R., Waris, A., & Salengke, S. (2019). Rancang Bangun Sistem Kendali Kecepatan Putaran Motor Dc Berbasis Logika Fuzzy Untuk Mesin Pengaduk Hasil Pertanian (Studi Kasus Pengadukan Biji Kedelai). Jurnal Agritechno, 12(1), 44 - 55. https://doi.org/10.20956/at.v12i1.185

References

Asta, D. (2002). Fuzi Adaptif dengan Penalaan Fungsi Keanggotaan pada Pengendali Motor DC Berbasis Mikrokontroler AT89C52. Yogyakarta: UGM.
Gunterus, F. (1994). Falsafah Dasar: Sistem Pengendalian Proses. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Hartono, P. (2008). Analisis Pengendali Kecepatan Motor DC Menggunakan Logika Fuzzy dengan PWM. Bandung: ITB.
Jamshidi, M. (1996). Large-scale Systems: Modeling, Control, and Fuzzy Logic. USA: Prentice-Hall.
Ogata, K. (2010). Model Control Engineering. New Jersey: Prentice Hall.
Sahroni, A., Adinandra, S. & Pratama, R. W. (2014). Analisis Efek Tunda Waktu (Time sampling) Terhadap Performansi Sistem Kendali Jaringan Berbasis ZigBee IEEE 802.145.4.Jurnal Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, 155-160.

Most read articles by the same author(s)