Application of Fuzzy Logic System in Nutrition Level Measurement in Hydroponic Systems

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andi Azizah
Abdul Waris
Muhammad Tahir Sapsal

Abstract

Sistem hidroponik merupakan cara produksi tanaman yang sangat efektif. Pada umumnya pemberian nutrisi pada sistem ini tidak menyesuaikan banyak sedikitnya nutrisi yang dibutuhkan dari masa penanaman hingga waktu pemanenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat ukur nutrisi berbasis fuzzy logic yang dapat digunakan pada sistem hidroponik. Pembuatan program fuzzy logic terdiri dari fuzzifikasi, aplikasi fungsi implikasi dan komposisi aturan, serta defuzzifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa sensor memenuhi kriteria yaitu tanggapan waktunya cepat, relatif stabil, pengaruh suhu yang relatif kecil, sensitif, linear dengan nilai R2= 0.996, kesalahan pembacaan yang relatif kecil yaitu 7.75%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Azizah, A., Waris, A., & Sapsal, M. T. (2019). Application of Fuzzy Logic System in Nutrition Level Measurement in Hydroponic Systems. Jurnal Agritechno, 85–93. https://doi.org/10.20956/at.v0i0.215

References

  1. Indriasti, Ratna. 2013. Analisis Usaha Sayuran Hidroponik pada PT Kebun Sayur Segar Kabupaten Bogor. Institut Pertanian Bogor: Bogor.
  2. Rosliani, Rini dan Nani Sumarni. 2005. Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Balai Penelitian Tanaman Sayuran: Bandung.
  3. Widiyantoro, Huda. 2013. Media Pembelajaran Sensor dan Tranduser pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>