Tentang Seminar

Pangan merupakan kebutuhan utama yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Tanpa mengkonsumsi pangan dalam jumlah dan mutu yang tepat, tubuh tidak akan mampu melaksanakan kegiatan sehari-hari, baik secara fisik maupun mental. Makan dan minum yang sehat dan cukup gizi berarti mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan dan bervariasi. Produk makanan dan minuman meliputi hasil olahan rumah tangga yang ditujukan untuk dikonsumsi oleh anggota rumah tangga serta hasil olahan industry, baik industry kecil, menengah maupun besar, yang diproduksi untuk tujuan komersil dan dipasarkan secara luas.

Industry dan insan pangan Indonesia diperhadapkan pada tantangan dan persaingan yang semakin berat dengan dimulainya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) awal tahun 2016. Akan tetapi, kehadiran MEA juga membuka peluang pasar yang sangat besar bagi produk makanan dan minuman yang dihasilkan oleh barbagai industri makanan dan minuman di tanah air. Agar dapat memanfaatkan peluang tersebut, industri dalam negeri harus mempu menghasilkan produk makanan dan minuman yang memiliki keunggulan sehingga berdayasaing di pasar domestik dan internasional. Oleh karena itu, inovasi dalam pengembangan produk, proses produksi, pemasaran, sistem logistik dan distribusi, serta kebijakan harus dilakukan secara bersinergi oleh para pemangku kepentingan (industri, pemerintah, dan akademisi) sehingga dapat mendukung terciptanya industri makanan dan minumam yang tangguh dan berdayasaing. Sinergitas antara akademisi yang aktif melakukan penelitian dan pengembangan pada skala kecil dan pilot dengan para pelaku industri yang dapat memanfaatkan dan menerapkan temuan-temuan yang dihasilkan merupakan aspek yang sangat krusial dalam upaya pembangunan industri yang tangguh dan berdayasaing tersebut.

Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Cabang Makassar dalam kesempatan ini mencoba memfasilitasi terbangunnya sinergitas antara dunia akademia dan dunia industri melalui temu ilmiah dan temu bisnis dan meningkatkan potensi pangan lokal melalui inovasi agar selaras dengan upaya peningkatan mutu dan keamanan produk pangan yang dihasilkan. Mutu dan keamanan pangan erat kaitannya dengan perkembangan teknologi pangan yang cukup pesat. Berbagai penelitian inovatif tentang perbaikan mutu bahan pangan dan produk olahan serta meningkatkan mutu fungsional produk telah dilakukan oleh para peneliti di berbagai institusi penelitian maupun perguruan tinggi. Kajian-kajian tersebut memberi kontribusi yang baik terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pangan yang dikonsumsi masyarakat. Dalam kaitannya dengan era perdagangan saat ini, inovasi tersebut diharapkan dapat diadopsi oleh industry dan dikomersialkan untuk meningkatkan daya saing produk olahan industry pangan nasional secara nyata. Universitas Hasanuddin sebagai universitas besar di kawasan Timur Indonesia dalam dies natalis yang ke 60, melalui kegiatan seminar nasional ini turut berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pangan local agar dapat bersaing di pasar domestik dan internasional. Selain itu, melalui “Temu Bisnis” yang merupakan salah satu bagian dalam seminar nasional ini diharapkan dapat mendukung upaya hilirisasi produk-produk unggulan yang telah dihasilkan oleh para peneliti di Universitas Hasanuddin.

Tujuan

Seminar Nasional dan Temu Bisnis ini bertujuan sebagai berikut:

  1. Melakukan diseminasi hasil-hasil penelitian aktual berbasis pangan lokal
  2. Megembangkan kerjasama antara berbagai pihak yang terkait dengan pengembangan produk pangan (akademisi, industri, dan pemerintah)
  3. Berbagi informasi mengenai upaya pengembangan pangan lokal yang inovatif
  4. Melakukan terobosan dalam rangka meningkatkan daya saing industri pangan nasional dan hilirisasi produk hasil  penelitian
  5. Mempererat komunikasi di antara anggota PATPI di seluruh wilayah Indonesia

 

Pembicara Kunci:

prof dwia Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA

(Rektor Universitas Hasanuddin)

 prof rindit Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.Sc.

(Ketua PATPI Pusat)

 pak adhi Ir. Adhi Lukman

(Ketua GAPMMI)

Pembicara Tamu:

 prof dedi Prof. Dr. Ir. Dedi Fardiaz, M.Sc.

(Mutu dan Keamanan Pangan)

 prof engke Prof. Dr. Ir. Salengke, M.Sc.

(Pengolahan Pangan / Prosesing)

 prof veny Prof. dr. Veny Haju, M.Sc., PhD.

(Gizi dan Pangan Fungsional)

 prof endang Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, M.Sc.

(Mikrobiologi dan Bioteknologi Pangan)

 prof abu Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali

(Pengembangan Produk Pangan)