Rainfed Rice Fields Water Requirement based on The Planting Schedule of Deliberation of Peasant and Katam in Maniangpajo Subdistrict Wajo Regency

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitriyanti Hasnuri
Mahmud Achmad
Samsuar Samsuar

Abstract

Penentuan jadwal tanam dapat dilakukan dengan musyawarah tani atau dengan rekomendasi Kalender Tanam (Katam) dari Kementerian Pertanian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kebutuhan air tanaman dan pemenuhan air tanaman dengan jadwal tanam yang ditentukan pada musyawarah tani dan katam dan menentukan jadwal tanam yang paling sesuai. Jadwal tanam yang paling sesuai dapat dinilai dari pemenuhan air pada fase-fase pertumbuhan tanaman dan dampak yang ditimbulkan. Kebutuhan air tanaman diperoleh dengan mengolah data iklim, tanah, dan tanaman menggunakan software Cropwat. Hasil penelitian menunjukkan jadwal tanam yang sesuai untuk Desa Abbanuangnge dan Minangatellue pada musim tanam rendengan 2018 adalah 10-30 April yang merupakan rekomendasi musyawarah tani dan katam dan tanggal tanam yang lebih sesuai untuk Desa Abbanuangnge dan Minangatellue pada musim tanam gadu 2018/2019 adalah 15 Oktober yang merupakan hasil musyawarah tani.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hasnuri, F., Achmad, M., & Samsuar, S. (2019). Rainfed Rice Fields Water Requirement based on The Planting Schedule of Deliberation of Peasant and Katam in Maniangpajo Subdistrict Wajo Regency. Jurnal Agritechno, 102–109. https://doi.org/10.20956/at.v0i0.218

References

  1. Achmad M., 2011. Hidrologi Teknik. Buku Ajar Tahun 2011. Universitas Hasanuddin. Makassar.
  2. Annisa N., 2015. Analisis Kebutuhan Air Tanaman Jagung (Zea Mays L.) Masa Tanam III di Desa Alatengae Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi Universitas Hasanuddin. Makassar.
  3. Kemdikbud, 2013. Irigasi dan Drainase. http:// repositori. kemdikbud. go. id.
  4. Diakses pada 9 Agustus 2019
  5. Lubis A, A., 2013. ETo dan CROPWAT-8. Program Studi Agroekoteknologi. Universitas Brawijaya. Malang.
  6. Mubaroq I. A., 2013. Kajian Potensi Bionutrien Caf dengan Penambahan Ion Logam terhadap Perkembangan Tanaman Padi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>