Pengaruh Lintasan Combine Harvester Terhadap Pemadatan Tanah Saat Beroperasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Darmawati Darmawati
Suhardi Suhardi
Muhammad Tahir Sapsal

Abstract

Combine harvester sebagai alat panen sudah digunakan sampai saat ini, namun penggunaan alat ini hanya difokuskan kepada kinerja produktivitasnya. Sementara dampak penggunaan alat combine harvester yang dapat menimbulkan kerusakan tanah seperti pemadatan tanah kurang diperhatikan. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian terhadap pengujian combine harvester untuk mengetahui pengaruh lintasan combine harvester terhadap pemadatan tanah saat beroperasi. Metode yang digunakan adalah dengan mengambil sampel tanah sebelum dan sesudah lintasan pada saat pemanenan untuk menganalisis nilai kadar air, bulk density, partikel density dan porositas guna melihat pengaruh lintasan combine harvester terhadap pemadatan tanah pada saat beroperasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa dari ketiga sampel perlakuan lintasan combine harvester pada saat beroperasi mengakibatkan nilai kadar air dan nilai porositas menurun sehingga nilai bulk density setiap sampel bertambah akibat dari tekanan combine harvester.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Darmawati, D., Suhardi, S., & Sapsal, M. T. (2019). Pengaruh Lintasan Combine Harvester Terhadap Pemadatan Tanah Saat Beroperasi. Jurnal Agritechno, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.20956/at.v12i1.181

References

  1. Badan Pusat Statistik. 2014. Rencana Strategis Kementrian Pertanian Tahun 2015-2019. Badan Pusat Statistik: Jakarta.
  2. Direktorat PPHTP. 2017. Combine Harvester: Solusi Untuk mengatasi Kelangkaan Tenaga Panen dan Evisiensi Biaya Usaha Tani. Ditjen Tanaman Pangan: Jakarta.
  3. Hardjowigeno, S. 2010. Ilmu Tanah. PT Mediyatama Sarana Perkasa: Jakarta.
  4. Iqbal, Tineke Mandang dan E.Namaken Sembiring. 2006. Pengaruh Lintasan Traktor dan Pemberian Bahan Organik Terhadap Pemadatan Tanah dan Keragaman Tanaman Kacang Tanah. Jurnal Keteknikan Pertanian: Bogor.
  5. James, CF dan Donald LP. 1993. Soil Compaction: The Silent Thief. Publications of Departement of Agricultural Engineering the Missouri University: Columbia
  6. Kasim. 1992. Pengaruh Pembebanan dan Lintasan Roda Traktor terhadap Terjadinya Pemadatan Tanah dan Tanah Berliat. Institut Pertanian Bogor: Bogor.
  7. Kurnia, Undang dkk. 2006. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisis. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian: Jakarta.
  8. Perdana, Sandi dan Wawan. 2015. Pengaruh Pemadatan Tanah Gembut Terhadap Sifat Fisik pada Dua Lokasi yang Berbeda. Fakultas Pertanian: Riau.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>